Pemerintah Kecewa Satelit Telkom-3 Hilang

Posted on
  • by
  • in
  • Label:
  • Achmad Rouzni Noor II - detikinet
    Jakarta - Kabar hilangnya satelit Telkom-3 yang diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, turut membuat pemerintah Indonesia terpukul, kecewa, dan prihatin. Pihak Rusia pun diminta segera menjelaskan masalah ini.

    "Kami pemerintah tentu kecewa dengan kejadian tersebut," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, saat dihubungi detikINET, Selasa (7/8/2012).

    Kekecewaan dirasakan Kominfo karena mereka tadinya berharap, dengan diluncurkannya satelit Telkom-3 melalui kerjasama dengan pihak Rusia, maka ada opsi baru dalam kerjasama dengan pihak asing dalam peluncuran satelit.

    "Karena selama ini lebih banyak kerja samanya dengan pihak Barat dan diluncurkan di Guyana. Rusia sesungguhnya memiliki track record yang cukup bagus dan bersaing dengan Barat dalam bisnis peluncuran satelit," sesal Gatot.

    Telkom selaku pemilik satelit, hingga saat ini masih terus berkoordinasi secara intensif dengan pihak Rusia. "Kami masih terus berkoordinasi dengan pihak ISS Reshetnev Rusia," jelas Head Of Corporate Communication and Affair Telkom Slamet Riyadi.

    Seperti diberitakan, satelit Telkom-3 bersama satelit Ekspress-MD2 yang menumpang roket milik pemerintah Rusia Proton-M, dikabarkan oleh situs Nasa Space Flight telah hilang setelah beberapa jam meluncur menuju slot orbitnya karena gagal dalam tahapan Briz-M.

    Briz-M merupakan tahapan pelepasan tangki bahan bakar diikuti relokasi instrument pengarahan dari komando pusat dalam rangka menghindari goncangan ketika tangki tambahan propellant dilepas.

    Menurut Russian Space Agency Roscosmos, pihaknya belum bisa memastikan jika kedua satelit tidak masuk orbit walau ada masalah dengan salah satu Briz-M.

    Sementara media Rusia, RIA Novosti, menilai jika kedua satelit tersebut kemungkinan besar telah hilang. Hal ini berkaca pada pengalaman kegagalan Briz-M sebelumnya. Dimana hal serupa juga pernah terjadi pada satelit Ekspress-AM4, tahun lalu.


    Sumber


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...