cara Aman Meninggalkan Rumah pada saat mudik

Posted on
  • by
  • in
  • Label:

  • Sebagian masyarakat Indonesia tradisi mudik adalah salah satu kewajiban yang harus di lakukan saat lebaran. Mudik biasanya di lakukan oleh masyarakat Indonesia untuk pulang kampung bertemu dengan sanak saudara di tempat kelahiran. Bagi masyarakat yang akan meninggalkan tempat tinggalnya untuk pulang mudik di sarankan untuk melakukan bebrapa hal agar rumah yang di tinggalkan aman dari pencuri. Karena pada saat lebaran banyak terjadi pencurian karena rumah kosong di tinggal pemiliknya pergi. 

    Berikut tips untuk anda.
    1. Sebelum pergi pastikan semua pintu rumah terkunci.
    2. Cabut selang gas dari kompor dan matikan berbagai alat elektronik yang tidak digunakan Jangan lupa cabut steker (colokan) barang elektronik saat meninggalkan rumah. Fungsinya untuk menghemat listrik dan mencegah adanya arus pendek yang bisa memicu kebakaran.
    3. Nyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu, untuk memberi kesan kalau rumah tidak ditinggal dalam keadaan kosong.
    3. Titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik atau pengurus RT/RW. Bertukar nomor telepon dengan tetangga terdekat dan pengurus RT/RW  yang tidak mudik agar bisa tetap berkomunikasi.
    4. Beri uang tips petugas keamanan di lingkungan perumahan agar 'lebih' mengawasi rumah Anda.
    6. Jika punya anggaran lebih, pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah kita atau kamera pengawas (CCTV) di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Kini sejumlah perusahaan penyedia jasa keamanan juga sudah menawarkan tenaga pengamanan yang ditugaskan untuk menjaga khusus rumah atau ruko selama libur Lebaran.


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...