Hari ini 3 Agustus : Christopher Columbus Mulai Menjelajahi “Dunia Baru”

Posted on
  • by
  • in
  • Label:
  • Pada tanggal 3 Agustus 1492, Christopher Columbus melakukan pelayaran pertamanya yang kemudian dikenal sebagai sebuah petualangan ‘Dunia Baru’. Ia berlayar bersama tiga buah kapal dan membawatak kurang dari 90 awak kapal.  Perjalanan tersebut didanai oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol setelah ratu tersebut berhasil menaklukkan Andalusia. Ia percaya bahwa Bumi berbentuk bola kecil, dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui jalur barat.

    Christopher Columbus (sumber: blogspot.com)

    Setelah melangsungkan penjelajahan,  Christopher Columbus yang juga sebagai pedagang asal Genoa, Italia tersebut, sukses menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada 12 Oktober 1492.

    Peta (sumber: blogspot.com

    Christopher Columbus berlayar di era kemajuan maritim. Ia mencatat rute perjalanan yang telah ia lalui dengan menggunakan bantuan kompas pelaut, astrolabe, cross-staf, dan kuadran. Peta yang populer digunakan oleh para pelaut pada saat itu adalah Geografi Ptolemeus atau kosmografi. PEta ini dicetak pada tahun 1482 yang disusun oleh ahli geografi Alexandria, yaitu seorang astronom, dan ahli matematika Claudius Ptolemeus pada abad kedua. (**)
    Sumber : timelines.com, uniknya.com, Juli 2012


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...