Dokter Disarankan Bijak Gunakan Antibiotik

Posted on
  • by
  • in
  • Label:


  • Dokter Disarankan Bijak Gunakan Antibiotik
    obat antibiotik
     Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia mengajak para dokter menggunakan antibiotik secara bijak. Hal tersebut supaya tidak memperparah penyebaran bakteri yang semakin kebal terhadap obat.
    "Kami akan membahas secara lebih detail mengenai cara pencegahan bakteri yang resisten terhadap antibitotik. Kami akan berupaya mengubah paradigma pemakaian antibiotik," kata Ketua Pantia Lokal Kongres Nasional PAMKI, Dr dr I Dewa Sukrama SpMK(K), seperti dikutip Antara.
    Ia menambahkan bakteri yang kebal terhadap antibiotik merupakan jenis Metisilin Staphylococcus Resisten Aureus (MRSA). Bakteri itu banyak menyebar di lingkungan rumah sakit maupun masyarakat.
    Bakteri kemudian menghasilkan enzim extended spectrum beta lactamase (ESBL) yang mempunyai kemampuan resisten untuk golongan antibiotik cephalosporin, metisile, serta penicillin.
    "Bakteri ini umumnya mengkolonisasi (bertempat) di hidung. Dan jika menyebar ke luka operasi, itu dapat menyebabkan infeksi yang serius,'' katanya. ''Infeksi dapat mengenai jaringan, kulit, bahkan sampai ke darah. Biasanya kalau sudah menyerang jaringan, itu susah diobati."
    Redaktur: Didi Purwadi
    Sumber: Antara


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...