INILAH KISAH BATU MAGIS DARI BATU SANGKAR

Posted on
  • by
  • in
  • Label:

  • Kisah Batu Magis dari Batusangkar

    Batu Angkek di Batusangkar (Foto: Okezone/Rus Akbar)
    Batu Angkek di Batusangkar (Foto: Okezone/Rus Akbar)
    BATUSANGKAR - Bentuknya mirip punggung kura-kura dengan diameter 50 sentimeter. Bagian dalam berwarna hitam dan di tengahnya terdapat lubang kecil. Bagian belakang berwarna kuning tembaga bertulis “Allah” dan “Muhammad”. Itulah batu angkek-angkek (angkat) yang konon bisa meramal nasib, rejeki, sampai ke hal-hal perjodohan.

    Batu angkek-angkek terletak Nagari Tanjuang, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Batu tersebut diyakini memiliki daya magis. Kalau ada yang berhasil mengangkat, maka bertanda keinginan seseorang itu akan tercapai. Tapi kalau batu tersebut tak bisa diangkat, maka keinginannya tak akan tercapai. Di situlah daya magis batu yang tidak memiliki berat tetap itu.

    Benda sakral itu terletak di dalam rumah gadang berukuran 4x16 meter milik warga Suku Piliang. Rumah gadang itu sudah berusia 104 tahun.

    Alpi Putra (40), generasi ke-8 Datuak Bandaro Kayo, penemu batu tersebut. Alpi menceritakan keanehan yang terjadi saat menemukan batu tersebut.

    Suatu malam, Datuak Bandaro Kayo yang juga Kepala Suku Piliang, bermimpi bertemu dengan Syech Ahmad. Datuak diperintah untuk mendirikan sebuah kampung yang diberi nama Palangan. Dia juga diminta membangun rumah gadang di lokasi tertentu.

    Datuak pun kemudian mengumpulkan anggota suku dan menyampaikan kabar mimpinya. Setelah disepakati, akhirnya warga Piliang mendirikan rumah gadang. Namun apa yang terjadi, saat batagak tonggak tua (pemancangan tonggak utama), gempa dasyat terjadi disertai petir serta angit berubah gelap. Kejadian itu berlangsung selama 14 hari.

    Warga suku bingung dan cemas. Tak lama setelah itu terdengar suara dari lubang tempat pemancangan tonggak utama. Suara itu berbunyi permintaan agar warga mengeluarkan benda dari lubang tersebut.

    Datuak Bandaro Kayo pun mengumpulkan kembali warganya untuk mengambil benda di dalam lubang. Akhirnya, baru mereka ketahui penyebab mengapa tonggak tidak bisa dipancang serta bencana selama 14 hari. Setelah batu diangkat, bencana pun berhenti.

    “Sebenarnya ada dua batu, hanya saja pasangannya tidak bisa dikeluarkan, Sebab setiap menggalinya batu itu terus amblas ke dalam, akhirnya memutuskan pasangan batu itu dibiarkan saja di dalam tanah,” tutur Alpi kepada Okezone.

    Setelah batu itu diangkat barulah pemacangan tonggak utama itu bisa dilakukan.


    Sumber


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...