5 Jenis Buah-buahan dan Sayur-sayuran yang Membahayakan Kesehatan

Posted on
  • by
  • in
  • Label:
  • Inilah 5 Jenis Buah-buahan dan Sayur-sayuran yang Membahayakan Kesehatan

    kentang hijau
    Kita tahu bahwa sayuran dan buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, sekian banyak dari seluruh sayur dan buah yang ada, ternyata ada beberapa jenis yang sangat berbahaya. Parahnya lagi, jenis tersebut secara tidak kita sadari sering kali ditemui dan dikonsumsi. Seperti yang dilansir oleh Foxnews, berikut adalah beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa membahayakan kesehatan Anda.
    1. Kentang Hijau
    Ketika kentang masih berwarna hijau, maka kentang tersebut otomatis menjadi racun. Racun yang terdapat dalam kentang hijau di namakan Solanin dan Chaconine. Kedua racun ini merupakan racn alami glikoalkaloid.
    Jika dikonsumsi terlalu banyak, kandungan racun yang ada dalam kentang tersebut bisa berpotensi memicu gejala keracunan seperti mual, muntah, diare hingga mulut terbakar. Oleh karena itu, hindari mengolah kentang yang masih hijau.
    2. Rhubarb
    Daun tanaman Rhubarb diketahui memiliki kandungan beracun. Dalam daun tersebut, terkadung asam oksalat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal serius.
    Meski resiko tersebut hanya berlaku untuk mereka yang mengonsumsi secara berlebihan, namun ada baiknya jika anda menghindari konsumsi daun-daunan ini.
    3. Biji dan Akar
    Amygdalin dikenal sebagai senyawa cyanohenik glykosida. Mengonsumsi zat ini dalam jumlah banyak bisa menyebabkan seseorang keracunan Cyanida.
    Yang menarik, zat tersebut banyak terdapat dalam biji, benih dan akar dari beberapa buah dan sayuran yang umum kita konsumsi. Mulai dari Apel, Peach, Apricot, Cherry hingga biji Almond.
    Untuk itu, hindari menelan biji-bijian tersebut dalam jumlah banyak karena amygdalin biasanya bereaksi ketika sudah dikonsumsi dalam jumlah banyak.
    4. Jamur Liar
    Banyak orang masih mengalami kesulitan dalam membedakan antara mana jamur yang beracun dengan yang tidak beracun. Apalagi jamur beracun tidak otomatis dapat menjadi aman untuk dikonsumsi hanya dengan cara memasak, atau masukkan ke dalam kaleng.
    Namun salah satu jamur yang disebut-sebut yang paling beracun adalah jamur payung bernama ‘Death Cap’.
    Kandungan zat alpha-amanitin di dalamnya bisa merusak hati dan ginjal hingga menyebabkan kematian. Gejalanya biasanya mulai terlihat 2-3 hari setelah dikonsumsi.
    5 Singkong Mentah
    Ada 2 tipe singkong yang ada di dunia, yaitu pahit dan manis. Tipe yang pahit diketahui mengandung racun glikosida yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan singkongÿ yang manis.
    Sebatang singkong yang tidak dimasak secara sempurna dapat membuat terbentuknya asam sianida tinggi. Jika sudah begitu, maka bisa menimbulkan gangguan, seperti penyempitan saluran pernafasan, mual, muntah, sakit kepala hingga bisa menimbulkan kematian.
    Untuk itu, pastikan singkong yang anda masak memang telah matang benar untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti yang diatas tadi.

    Sumber


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...