Penemuan, Mumi Dokter Bangsa Mesir Kuno

Posted on
  • by
  • in
  • Label:







  • Mumi yang ditemukan di Mesir baru-baru ini tergolong unik. Selain usianya yang diperkirakan sekitar 4.000 tahun, mumi tersebut merupakan jasad seorang dokter.

    Ini terlihat dari beberapa alat-alat bedah dari logam yang ikut dikubur bersamanya. Kuburannya ditemukan di Saqqara, 20 kilometer sebelah selatan Kairo.

    "Dokter tersebut bernama Qar. Ia hidup saat kekuasaan dinasti keenam antara taun 2350 sebelum Masehi hingga 2180 sebelum Masehi," kata Zahi Hawass, kepala Dewan Tinggi Barang-barang Antik Mesir, sebagaimana dikutip Laporan Kantor Berita Timur Tengah.

    Bersamanya, ditemukan alat-alat bedah dari bahan perunggu dan tembikar bertuliskan namanya. Di dekatnya terdapat batu gamping bundar sebagai meja untuk meletakkan 22 patung dewa-dewi dari bahan perunggu.

    Penutup kotak kayunya dihiasi dekorasi yang masih terawat dengan baik dan kain yang membalutnya serta lukisan kuburnya juga masih berada pada kondisi aslinya. Topeng yang menutupi wajahnya juga masih relatif utuh. Hanya ada sedikit kerusakan di sekitar mulut.


    Sumber:http://beritabener.blogspot.com/


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...