ROBOT ROBOT indonesia

Posted on
  • by
  • in
  • Label:
  • 101 Robot Seantero Indonesia Bakal 'Serang' Yogya

    Cuk Sahana
    Sabtu, 11 Juni 2011 11:19 wib
     
    image: corbis
    image: corbis
    YOGYAKARTA - Sebanyak 101 tim robot dari berbagai kampus di Indonesia, tanggal 11-12 Juni 2011 akan mengikuti Kontes Robot Nasional (KRN) 2011 yang diselenggarakan di Grha Shaba Pramana (GSP)  UGM. 



    Dari jumlah itu 12 tim diantaranya berasal dari perguruan tinggi di Yogyakarta, seperti UGM, UNY, Amikom, dll. KRN dijadwalkan akan dibuka langsung oleh mendiknas, M.Nuh.



    “Acara yang bertema Jogja Robot Under Attack  ini diikuti tim yang telah lolos babak penyisihan di lima wilayah, yaitu Jateng, Jatim, Kalimantan dan Indonesia Timur, Jawa Barat dan Sumatera,” papar Dr. M. Arif Wibisono, ketua panitia penyelenggara, Jumat (10/6/2011).



    Arif mengatakan, KRN kali ini akan mempertandingkan lima kategori. Kategori utama adalah Kontes Robot Indonesia bertema “Larungan”. Tema ini diambil dari tema ABU Robocon, “Loy Krathong”, yaitu melarung bunga teratai untuk dewi sungai yang biasa diselenggarakan tiap bulan November di Thailand. Pemenang kategori ini akan mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional ABU Robocon 2011 di Thailand.

    Kategori berikutnya ialah Kontes Robot Cerdas Indonesia yang terdiri atas tiga kategori, yakni Robot Cerdas Pemadam Api Beroda dan Berkaki serta Robot Pemain Bola. Robot Cerdas akan secara otomatis beradu cepat mencari api di sebuah arena yang mirip sebuah rumah untuk dipadamkan. Sementara itu, robot pemain bola akan mencoba bertanding memasukkan sebanyak mungkin bola ke gawang lawan. Pemenang kontes ini juga akan mewakili Indonesia di ajang kontes robot di Amerika.

    Kategori yang lain adalah Kontes Robot Seni Indonesia yang menampilkan robot yang akan meniru penari Klono Topeng dari Yogyakarta. Ada 16 robot yang akan beradu ketangkasan menari dalam kategori ini.

    Dalam KRN itu juga diselenggarakan pameran dan lomba dengan tema 'Jogja under Attack'. Pameran mengambil konsep inovasi di bidang robotika berupa pertunjukkan robot, robot toys and hobby, robot artwork, stan teknologi dan edukasi, pagelaran band musik, permainan interaktif, dan festival kostum robot.



    Berbagai lomba ditujukan untuk semua tingkat pendidikan, dari TK sampai perguruan tinggi. Lomba mewarnai robot ditujukan untuk anak usia TK; lomba menggambar robot bagi anak usia sekolah dasar; Water Rocket Competition bagi siswa SMP dan SMA; serta Line Follower untuk tingkat SMA dan perguruan tinggi. Semua perlombaan yang akan dilaksanakan memperebutkan Piala Gubernur DIY.
    (rhs) 
    sumber:oke zone.com


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...