Susunan daftar isi modul

Posted on
  • by
  • in

  • DAFTAR ISI MODUL
    Halaman
    HALAMAN DEPAN   ....................................................................................         i
    KATA PENGANTAR   ...................................................................................        ii
    KATA SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH………………………………..        iii
    DAFTAR ISI ...................................................................................................        iv
    DAFTAR ISI………………………………………………………………….       v
    PETA KEDUDUKAN MODUL …………………………………………….       vi
    KEDUDUKAN MODUL…………………………………………………….       vii
    PERISTILAHAN/GLOSSARY        ...............................................................       viii
    I.    PENDAHULUAN ....................................................................................        1
    A.  DESKRIPSI .........................................................................................        1
    B.  PRASYARAT………………………………………………………...        1
    C.  PETUNJUK PENGGUNAAN  MODUL .........................................                  1  
    1.         Petunjuk Bagi Peserta Diklat .....................................................       2
    2.         Petunjuk Bagi Guru....................................................................        2
    D.  TUJUAN AKHIR ......................................................................……...        3
    E.   KOMPETENSI.......................................................................................       3
    F.   CEK KEMAMPUAN.............................................................................       4
    II.  PEMBELAJARAN.......................................................................................       5
    A. RENCANA PEMBELAJARAN ............................................................       5
    B. KEGIATAN BELAJAR .........................................................................       5
    1.  Kegiatan Belajar 1: Dapat menggunakan alat ukur dipasar kerja.......       5
    a.  Tujuan Kegiatan Pembelajaran .....................................................       5
    b.  Uraian Materi.................................................................................      6
    c.   Rangkuman 1 ................................................................................    17
    iv
     
    d. Tugas 1............................................................................................     18
    e.Tes Formatif  1 ................................................................................      18
    2.  Kegiatan Belajar 2: Dapat mempraktekkan penggunaan alat ukur......      18
    a.  Tujuan Kegiatan Pembelajaran .....................................................       18
    b.   Uraian  Materi  2 ..........................................................................      18
    c.   Rangkuman 2................................................................................      26
    d.   Tugas 2  ........................................................................................     26
    e.   Tes Formatif 2...............................................................................      27
    3.  Kegiatan Belajar 3: Menganalisis hasil pengukuran besaran listrik.....       27
    a.   Tujuan Kegiatan Pembelajaran ....................................................      27
    b.   Uraian  Materi  3  .........................................................................      27
    c.   Rangkuman 3 ...............................................................................      30
    d.   Tugas 3.........................................................................................       30
    e.   Tes Formatif 3 .............................................................................       30
    III. EVALUASI         …………………………………………………………..      31
    A.    EVALUASI………………................................................................     31
    B.     KRITERIA PENILAIAN…………………………………………..     31
    IV. PENUTUP           …………………………………………………………..      32
    DAFTAR PUSTAKA .............................................................................      33







    v
     
     


    PERISTILAHAN/GLOSSARY
    DC                :  Direct current   ( Arus searah )
    AC                :  Alternating current ( Arus bolak - balik )
              Paralax      :  Kesalahan pembacaan akibat dari faktor manusia
                  Kalibrasi      :  Peneraan
                  Presisi          :  ketelitian dari suatu alat ukur






                                                                                                                                                   










    viii
     



    vii
     
     


    Rounded Rectangle: KODE MODUL
DKK-011-02
    SEKOLAH   MENENGAH  KEJURUAN JAKARTA 1
    BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL)

    MELAKUKAN PENGUKURAN BESARAN LISTRIK


               
    SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JAKARTA 1
    2012
     
    KATA PENGANTAR

    Modul ini Melakukan Pengukuran Besaran Listrik digunakan sebagai panduan kegiatan belajar untuk membentuk salah satu kompetensi, yaitu: Menggunakan Hasil Pengukuran. Modul ini dapat digunakan untuk para siswa pada Bidang Keahlian Teknik Tenaga Listrik. Modul ini disusun berdasarkan panduan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP tentang Teknik Penyusunan Modul yang dibuat oleh Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan Direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan menengah Departemen pendidikan nasional tahun 2008.
    Modul ini memberikan latihan untuk mempelajari jenis-jenis alat ukur Avometer,Tang amper,volt meter, Mengkalibrasi alat ukur, Konsep penggunaan alatukur.listrik.
    Modul ini terdiri dari tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 dapat mendeskripsikan penggunaan alat ukur alat ukur dipasar kerja, Kegiatan belajar 2 dapat mempraktekkan penggunaan alat ukur, Kegiatan pembelajaran3 dapat menganalisis hasil pengukuran besaran listrik.

    Jakarta, April 2012
    Penyusun,

    Liberti sitompul
    ii
     
    Universitas Negeri Jakarta

    KATA SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH
    Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata sambutan Kepala Sekolah, dalam rangka pembuatan Modul Melakukan Pengukuran Besaran Listrik.
    Sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyelesaikan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang kemudian dikukuhkan menjadi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Nomor 24 Tahun 2006 yang disempurnakan dengan Nomor 6 tahun 2007 tentang ketentuan pelaksanaannya. Permen Diknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan, Permen Diknas No. 20 tahun  2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Permen Diknas No. 2 tahun  2008 tentang Buku.
    Peningkatan mutu pelaksanaan pembelajaran di sekolah dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu diantaranya melalui penerapan pendekatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (competency based education and training). Pendekatan berbasis kompetensi digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran, dan pengembangan prosedur penilaian.
    Terkait dengan pengembangan bahan ajar, saat ini pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini merupakan konsekuensi diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan berbasis kompetensi di sekolah. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan modul dalam pelaksanaan pembelajarannya. Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil (output) yang jelas.
    Bahan modul ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar yang akan dilaksanakan nantinya. Serta dapat membantu siswa dalam melaksanakan kegiatan praktik yang akan dilaksanakan. Semoga pembuatan modul ini sangat bermanfaat untuk guru pada umumnya dan siswa pada khususnya.

    Jakarta, April 2012



    Kepala Sekolah SMK JAKARTA 1


    iii
     
     


    PETA KEDUDUKAN MODUL
    A.      Diagram Pencapaian Kompetensi
    Diagram ini menunjukan tahapan urutan pencapaian kompetensi yang dilatihkan pada siswa dalam kurun waktu tiga tahun. Modul Melakukan Pengukuran Besaran Listrik merupakan salah satu modul untuk membentuk kompetensi menggunakan hasil pengukuran.









    vi
     
     

    B. Kedudukan modul

    Modul DKK-011-02  Mata pelajaran Dasar Kompetensi Teknik instalasi tenaga Listrik.

                                                          Standar kompetensi


     




                                                                                                                                         

     
    Oval: Mendeskripsikan konsep pengukuran besaran-besaran listrik
    Menganalisa hasil pengukuran besaran-besaran listrik
     
    Melakukan pengukuran besaran listrik
     
           Kompetensi dasar                       Kompetensi dasar                          Kompetensi dasar












     



                    
    Dapat meganalisa hasil pengukuran besaran-besaran lisrik
     
    Dapat mempraktikkan penggunaan alat ukur
     
    Dapat mendeskripsikan penggunaan alat ukur dipasar kerja
     
                     Indikator                                                Indikator                                               Indikator



    vii
     
     


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...